Thursday 20 October 2016

Calon Sarjana Ventilasi Industri

Jadi selama gue kuliah di K3 gue, untuk semester ini, gue ambil mata kuliah ventilasi industri. Matkul wajib tuh. Yang ngajar Bapak S yang keliatannya sangat rigid padahal sih chill af abeyz. Cuma yagitu kadang ngajar sendiri, ngasih soal sendiri, ngerjain sendiri aja gitu di papan tulis.

Di mata kuliah Ventilasi Industri atau singkatnya vendus ini kita diajarin cara memperhitungkan dan mendesign ventilasi udara di tempat kerja, mainly design local exhaust, yang emang udah signifikan zat kimia apa yang kira-kira berbahaya di Industri tsb yang bakal dibikin ventilasinya. So far lebih seru dari belajar Manajemen Bising Getar semester lalu sih, ngitung juga tapi gak ada bayangannya. Disini imajinasi kita main banget, jadi ngukurnya gada patokan khusus yang penting ideal sama tempat kerjanya seperti apa. Problemnya sendiri adalah, ya designnya itu. Apa udah ideal sama tempat kerja kita nanti atau belom, tipe hood, tipe slot, luas area, itu kita yang ngira-ngira udah ideal atau belom. Harus ngitung dari mulai udaranya baru masuk banget nih di Hood-ventilasi, di duct, di elbow, sampe nanti keluar dari fan ke alam bebas.
Keliatannya sih simple tapi pas mulai ngitung dari mulai masuk "Hood" sampai ketahap "Discharge" bisa ngabisin 5 lembar kertas bolak balik. Gimana ga boker rumus
Kaya contoh gambar diatas, itu Local exhaust 2 hood, terus nanti ditiap jalur mesti ngitung loss-nya berapa. Gitu deh pokoknya mending ngitung berapa kali kamu di PHP-in si dia daripada ngitung ginian. Terus lagi kalo lo dari step 1 which is baru nyari Velocity Capture di ujung hood yang itu tuh (liat di gambar), salah, terus lo udah ngerjain penghitungan sampe kebagian Branch, mending bundir aja pake pohon ketela. Tapi setelah pertemuan ke 7, gue udah lumayan ngerti sih walaupun belom diluar kepala. YANG BIKIN MULES LAGI buku panduannya tebel banget kayak Kitab Pengakuan Dosa. Dan buku itu beneran kepake kalo di kelas pas dosen ngajar jadi ya itungannya rugi kalo gak bawa pas matkul ini. Huft dilema.

Oiya tantangannya lagi, karena hitungan untuk design satu local exhaust itu ribet dan kompleks, plus ada step-stepnya jadi akan sangat rugi buat gue kalo gak masuk 1 pertemuan aja. Ya yang lain juga mikir sama sih kaya gue. However, kalo udah ngerti sebenernya fun sih, tapi tetep not my taste (ngitungnya makan umur nek) doakan saja semoga UAS-nya gak nyiksa karena denger-denger dari senior tahun lalu doi ngasih soal suruh ngitung local exhaust 5 hood (ya anjir brb siapin kertas kosong 1 rim) fix beres matkul ini gue bergelar S.Vd aka sarjana vendus.


Regards,


AMN

4 comments:

  1. looks like mekanika fluida kayaknya ya Ca, karena ada jadi kayak perpipaan gitu, iya ga? sukses terus ya Ca!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya iya? cuma materinya partikel udara bukan fluida wkwk

      Delete